My Blog

My WordPress Blog

JENIS-JENIS OLAHAN AYAM NUSANTARA

Makanan adalah hal terpenting untuk bertahan hidup. Jika tidak ada makanan maka manusia akan mati. Makanan sendiri bisa terbuat dari hewani maupun dari nabati. Nah, salah satu makanan yang terbuat dari hewani adalah ayam. Ayam adalah hewan berkaki dua yang biasa dijadikan sebagai hewan peliharaan dan juga dapat diolah serta di makan. Ayam sendiri memiliki berbagai jenis. nah, setiap jenis ayam memiliki cita rasa masing-masing. Tentu saja ayam banyak diolah untuk ke dalam beberapa hidangan makanan. Makanan-makanan tersebut juga memiliki kelezatan sendiri-sendiri. Nah, bahkan ayam dapat kita olah sendiri dengan bumbu rempah yang tersedia. Seekor ayam bisa menghasilkan banyak hidangan olahan. Tentu saja olahan ayam akan lebih enak jika dihidangkan dengan nasi.

Beberapa Olahan Ayam Di Berbagai Daerah

Ayam merupakan salah satu hewan yang dapat dikonsumsi di keseluruhan bagiannya. Bahkan telur ayam juga banyak dijadikan makanan karena memiliki protein yang tinggi. Ayam tentu saja adalah salah satu makanan yang paling banyak digemari oleh banyak orang. Nah, dengan begitu ayam pun juga banyak diolah ke beberapa hidangan yang tentu saja orang-orang akan menyukai nya. Dalam mengolah ayam, banyak sekali bumbu rempah-rempah nusantara yang digunakan untuk menambahkan cita rasa dari ayam tersebut. Nah, inilah beberapa olahan dari ayam:

  • Ayam Teriyaki

Makanan olahan ayam ini adalah olahan ayam yang berasal dari Jepang. Namun di Indonesia kamu juga akan banyak menemui olahan ayam tersebut. Ayam teriyaki diolah menggunakan kecap dan juga gula dan juga cara mengolahnya dengan cara di panggang. Ayam ini biasanya dihidangkan dalam bentuk yang kecil dan biasanya disajikan dengan saus teriyaki yang dapat menambahkan rasa pada ayam tersebut. Jenis olahan ayam ini tentu saja akan sangat enak jika dimakan dengan nasi putih yang masih hangat. 

  • Ayam betutu

Jenis olahan ayam ini adalah makanan yang berasal dari Bali. Tentu saja makanan ini sangatlah populer oleh orang-orang lokal maupun orang asing. Namun betutu biasanya disajikan dari ayam maupun bebek yang masih utuh. Yang cara masaknya berisi bumbu yang dipanggang menggunakan api sekam. Ayam ini biasanya dijadikan sebagai sajian pada saat upacara adat di Bali maupun acara penting lain. 

  • Ayam rica-rica

Jenis olahan ini mungkin sangatlah familiar di telinga kita. Mungkin bahkan kita sering menyantap jenis olahan ayam ini. Ayam ini bisa dapat dengan mudah kita temukan di warung-warung makan atau restoran di pinggir jalan. Ayam rica-rica adalah jenis olahan yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Ayam ini mempunyai ciri khas tersendiri yaitu memiliki rasa yang pedas yang dihasilkan dari cabai. 

  • Ayam penyet

Tahukah kamu mengapa ayam ini disebut dengan ayam penyet? Sebab ayam ini sama seperti dengan ayam goreng biasanya. Namun yang membedakan adalah ayam ini di penyet menggunakan ulekan dan ditambahkan dengan sambal yang pedas dan juga biasanya disajikan dengan nasi hangat. Ayam penyet pertama kali berasal dari Surabaya dan sekarang telah populer di berbagai daerah dan banyak diolah oleh masyarakat umum. 

  • Ayam Geprek

Ayam ini hampir sama dengan ayam penyet yaitu sama-sama di geprek menggunakan ulekan. Namun yang membedakannya adalah ayam ini menggunakan tepung. Tepung tersebut menjadikan ayam ini menjadi renyah dan juga. Ayam ini tentu saja juga dibubuhi dengan sambal di atasnya. Yang menjadikan rasanya pedas dan juga lezat. Olahan ayam ini berasal dari Yogyakarta dan telah populer ke berbagai daerah.