Kerokan Bawang Merah untuk Mengatasi Masuk Angin, Apakah Ampuh?

Masuk angin merupakan gejala demam atau tidak enak badan. Masuk angin ini hampir semua orang pernah mengalami hal ini. Adapun penyebab masuk angin ini adalah tubuh terkena angin sehingga mengakibatkan vasokonstriksi (mengecilnya) pembuluh darah pada kulit. Masuk angin hampir mirip seperti terkena flu, gejala tersebut mulai dari demam, pusing, hidung mampet, batuk, mual, hingga radang tenggorokan. Masuk angin ini dapat disebabkan karena sering keluar rumah, begadang, pola makan tidak sehat dan tidak teratur, mengkonsumsi asupan yang mengandung kafein secara berlebihan, dan sering merokok. Sehingga, hal inilah yang dapat membuat terserang masuk angin. Masuk angin ini memang terkait dalam beberapa hal mulai terlalu lama dalam ruang ber-AC, kehujanan, tidak mengenakan jaket ketika bepergian malam hari, dan masih banyak hal lainnya.

Tips Mengatasi Masuk Angin

Untuk mengatasi masuk angin ini memang mayoritas masyarakat ini menggunakan cara efektif yaitu “kerokan”. Hal ini memang membuat badan menjadi lebih bugar, namun perlu di ketahui bahwasanya kerokan ini dapat membuat pori-pori kulit terbuka sehingga angin dapat mudah masuk ke dalam tubuh. Walaupun membuat masuk angin reda, namun cara yang dilakukan ini tidak tepat. Meskipun begitu, ketika anda merasa masuk angin maka hal yang harus segera anda lakukan adalah mengatasinya, yuk simak tips mengatasi masuk angin secara tepat;

  • Mengkonsumsi jahe

Jahe merupakan tanaman herbal yang dapat menghangatkan tubuh. Sehingga jahe ini dapat dikonsumsi ketika anda sedang sakit masuk angin. Jahe ini memang sangat rekomendasi ketika mengalami masuk angin. Selain dapat menghangatkan tubuh, jahe ini juga mengandung zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

  • Minum vitamin

Ketika sedang mengalami masuk angin ini memang membuat tubuh lemas dan tubuh kurang fit. Sehingga, masuk angin ini dapat anda atasi dengan minum vitamin. Masuk angin ini memang tak akan sembuh dalam waktu yang tidak lama, sehingga dengan anda mengonsumsi vitamin ini akan membuat badan memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh. Adapun vitamin yang tepat adalah vitamin C yang dapat membantu memperkuat sistem imunitas tubuh.

  • Perbanyak minum air putih

Air memang hal yang paling penting untuk cairan tubuh. Mengonsumsi air putih selama mengalami masuk angin ini memang dapat membantu mengendalikan suhu tubuh, sehingga dapat menurunkan demam pada tubuh. Selain air putih anda juga dapat mengonsumsi air jeruk hangat dan teh hangat. Minuman air hangat ini memang berguna untuk melancarkan sirkulasi dan dapat membantu otot rileks.

  • Konsumsi makanan bergizi

Tubuh ketika sedang sakit masuk angin ini memang membutuhkan nutrisi yang baik. Asupan makanan bergizi ini bisa anda dapatkan ketika anda mengonsumsi sayuran yang dapat mengatasi masuk angin. Jika tidak mengonsumsi makanan yang bergizi maka masuk angin yang dialami secara langsung sulit untuk memulihkan nya.

  • Istirahat cukup

Penyebab masuk angin ini juga karena kurang nya istirahat seseorang. Hal ini memang banyak disepelekan orang, padahal istirahat yang cukup ini memang dapat membantu menjaga kesehatan. organ-organ dalam tubuh ini memang memerlukan istirahat yang cukup. Manfaat beristirahat yang cukup ini juga dapat mengembalikan dan memulihkan kondisi yang prima.

Nah, itulah tips mudah dalam mengatasi masuk angin yang mayoritas orang pernah mengalami nya. semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *